7 Browser Android Ringan dan Tercepat

Jika anda memiliki perangkat seluler android,maka browser yang biasa digunakan adalah seperti Chrome,Firefox, dan browser bawaan. Browser juga mempengaruhi kinerja perangkat android anda, browser besar seperti chrome cenderung memakan banyak ruang penyimpanan dan juga memori.

7 browser tercepat dan teringan android terbaik

Untungnya, terdapat alternatif browser lain yang tersedia di google play store yang ringan dan tidak memakan memori maupun penyimpanan yang banyak, berikut daftar browser ringan terbaik yang patut anda gunakan menurut admin.

1. Via Browser

Browser ini memiliki tampilan yang sederhana dan tentunya ringan. Dapat kostumasi sendiri tampilan sesuai keinginan anda pada menu yang telah disediakan di Pengaturan, anda bisa merubah background latar dengan foto milik anda sendiri.

Sama seperti browser lain seperti chrome , di sini juga bisa menggunakan mode penyamaran atau biasa disebut incognito tab dan bisa mencari sesuatu dengan mode pribadi. Bisa hapus riwayat penjelahan, mengatur tombol navigasi, bookmark dan lain-lain.

Via Browser juga dapat mengubah user yang sedang dipakai, memblokir gambar agar hemat data saat menggunakan data seluler, dan masih banyak lagi. Ukuran aplikasi ini juga sangat kecil yaitu 2MB, sangat baik digunakan jika ruang penyimpanan anda sedikit.

2. Monument Browser

Monument Browser merupakan browser yang cepat, aman dan dirancang untuk memberikan pengalaman membaca dan berselancar atau searching. Pilih Menu lalu pilih Pengaturan untuk membuka pengaturan dan bisa memindahkan kotak pencarian ke atas atau bawah, mengubah user atau pengguna, dan opsi mesin pencari.

Terdapat mode malam yang digunakan untuk membaca pada malam hari, dan fitur yang menarik seperti menyimpan seluruh halaman website atau sebuah artikel dalam sebuah screenshoot atau bisa juga disimpan dalam bentuk .PDF.

Anda juga bisa membaca secara offline sebuah halaman website serta dapat mengunduh semua isinya seperti misal dalam artikel terdapat audio dan video. Bisa juga mengganti font dan ukurannya, dan aplikasi browser ini berukuran sangat ringan yaitu sekitar 2MB saja.

3. FOSS Browser

FOSS Browser adalah browser open source dan memiliki fitur seperti halnya browser lain yaitu menu percarian, bookmark, tombol share, screenshoot web, dan menjadikan web menjadi file .PDF yang bisa anda gunakan untuk membaca secara offline dan disimpan di perangkat anda.

Kelebihan dari browser ini adalah anda dapat mematikan akses lokasi, javascript , cookie dan lainnya yang tentunya dapat menghemat data anda. Dengan ukuran 9MB browser ini layak digunakan terutama untuk smartphone android dengan kapasitas penyimpanan kecil.

4. Phoenix Browser

Sama seperti browser lain aplikasi Phoenix Browser ini memiliki fitur pencarian , bookmark, tombol share dan lain-lain. Dan yang menjadi nilai positif dari browser ini adalah dapat mengunduh atau memainkan sebuah video secara offline. Untuk mendapatkannya anda bisa kunjungi google play store dan aplikasi ini berukuran ringan atau sekitar 6MB saja.

5. Hermit

Hermit memiliki fitur seperti browser lainnya yaitu bookmark, pencarian, share, mode malam ,dan lain-lain. Yang menyebabkan aplikasi ini baik adalah tampilannya yang sederhana atau lite, serta dapat menyimpan sebuah artikel untuk dijadikan file PDF. Jika ruang penyimpanan android anda sedikit maka browser Hermit inilah solusinya dan juga browser ini dapat mengurangi penggunaan daya baterai ponsel anda. Aplikasi ini berukuran sekitar 3MB dan dapat diunduh gratis di play store.

6. Lynket Browser

Memiliki fungsi yang sama dari browser lain akan tetapi Lynket Browser memiliki kelebihan yaitu dapat menjalankan tab banyak tanpa membebani memori dan fitur lain seperti dapat support terhadap AMP (Accelerated Mobile Pages) yang memungkinkan browser memuat sebuah situs lebih cepat dibandingkan browser lainnya. Ana bisa mendapatkan secara gratis Lynket Browser di google play store dengan ukuran yang kecil yaitu sekitar 4MB saja.

7. Opera Mini

Salah satu web browser android terbaik adalah Opera Mini. Opera mini memiliki keunggulan daripada browser lainnya yaitu memiliki fitur penghemat data, anda dapat melihat statistik data yang sudah digunakan selama seminggu.

Dalam browser ini juga terdapat mode kompresi atau Compression yang bertujuan untuk mengecilkan ukuran halaman website menjadi lebih ringan, Gunakan Compression hanya ketika anda sedang krisis data saja, karena dengan mengkompress suatu web maka hasilnya akan tidak sempurna. Anda bisa dapatkan Opera Mini gratis di google play store dengan ukuran kecil sekitar 8MB.

Kesimpulan

Itulah ketujuh daftar browser teringan atau lite versi admin yang patut anda gunakan jika penyimpanan memori anda sedikit. Setiap browser memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, untuk itu pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda saja. Jika ada tambahan kritik atau saran bisa berkomentar di bawah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top