Tips Mengatasi HP Android Lemot dan Lag Parah

HP Android kamu lemot atau lag ? berarti ada suatu hal yang membuatnya menjadi lemot parah .

Handphone Android merupakan gadget yang sedang ramai digunakan oleh orang seluruh dunia karena mudah di bawa kemana mana dan memudahkan manusia menyelesaikan pekerjaannya.

Dalam bentuk dan spesifikasinnya handphone android terdapat banyak sekali pilihan . mulai dari ukuran , berat , kamera , ram dan lain-lain.


Kali ini admin akan memberikan cara supaya HP Android kalian tidak lag parah.

Tips Mengatasi HP Android Lemot dan Lag Parah

Mengatasi Android Lemot dan Lag Parah

Kecepatan kerja yang dilakukan oleh HP android sangat bergantung pada spesifikasi seperti RAM , GPU,dan CPU. Tak hanya tergantung spesifikasi saja ada beberapa hal yang menyebabkan HP Android akan lemot dan lag yaitu aplikasi berat yang telah di download di Google Play Store.

Maka dari kenalli terlebih dahulu spesifikasi Handphone Android kalian.

Berishkan RAM Supaya Lega

Yang pertama adalah dengan cara membersihkan RAM setelah kalian membuka banyak aplikasi , caranya dengan menggunakan pembersih ram bawaan atau download CCleaner di Google Play Store untuk memberishkan RAM. Dengan membersihkan RAM maka secara langsung akan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dan menjadikan HP Android tidak lemot

Lakukan Update Secara Rutin

Hampir tiap tahun vendor hp Android pasti selalu memiliki inovasi baru dalam tampilan sistemnya baik menjadi buruk maupun menjadi baik dengan memperbaiki sistem yang dulu mempunyai bug atau kelemahan.
Bila anda mendapat notifikasi update sistem yang baru , maka segeralah update karena dengan update akan memperbaiki bug yang error pada sistem yang sebelumnya . pastikan download menggunakan Wi-Fi karena biasanya membutuhkan data yang sangat banyak.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu dan Jarang di Gunakan

Sudah terdapat banyak sekali aplikasi namun tidak pernah di gunakan ? diuninstall saja supaya penyimpanan memori lebih lega dan RAM nya pun lebih lega karena aplikasi yang ada di sistem Android menjadi lebih sedikit. Tips dari saya adalah dengan mendownload aplikasi yang di akhiri dengan kata LITE (jika ada). Misal jika ingin menggunakan Facebook App akan sangat memakan RAM dan Penyimpanan karena memang Facebook App harus berjalan dengan banyak memakan RAM , maka dari itu download versi yang lebih kecil dan ringan yaitu FB Lite .  Meskipun tampilannya sederhana tapi tidak memakan banyak RAM dan penyimpanan.

Pilih MicroSD Dengan Kecepatan Tinggi

Banyak tipe microSD yang terdapat dipasaran yang diistilahkan dengan “Class”. Ada class 0 , class 1 , class 9 dan lain-lain. Jika memori penyimpanan internal sedikit maka gunakanlah microSD atau SD Card yang memiliki kecepatan yang tinggi minimal class 6 atau class 9 agar kinerja HP Android menjadi lebih cepat dalam memproses memori Eksternal.

Minimalkan Penggunaan Widget

Salah satu penyebab HP Android menjadi lola dan lemot adalah Widget yang banyak digunakan. Hapus widget yang terpasang di Android dan gunakan Widget seperlunya saja.

Menghilangkan Efek Animasi

Cara berikutnya adalah dengan menghilangkan efek animasi yang terdapat pada HP Android. Coba perhatikan ketika membuka sebuah aplikasi maka akan ada efek animasi seperti transisi dan lain-lain , nah itulah yang menyebabkan HP Android menjadi lemot.
Untuk menonaktifkannya gunakan cara berikut.
  1. Pertama harus mengaktifkan mode pengembang .Masuk ke Setting.
  2. Pilih ROM Version misal MIUI Version.
  3. Pada menu MIUI Version tap atau tekan beberapa kali sehingga muncul tulisan “Anda Menjadi Pengembang”.
  4. Masuk ke Sitem dan Device atau cari menu Opsi Pengembang.
  5. Setelah masuk ke Opsi Pengembang cari menu Window animation scale , Transition animation scale dan Animator duration Scale .
  6. Ubah settingan menjadi Off .
  7. Selesai.
Jika tidak bisa mengaktifkan mode pengembang maka sebaiknya cari di google karena setiap HP Android beda tipe akan berbeda langkahnya.

Bersihkan Cache

Bersihkan cache aplikasi yang menyebabkan memori internal menjadi penuh dan memakan RAM dengan aplikasi pembersih cache bawaan HP Android atau menggunakan aplikasi pembersih cache yang dapat di download di Google Play Store.
Akhir kata

Itulah tips mengatasi HP Android yang lemot dan Lag parah , semoga hp Android kalian menjadi tidak lemot dan bisa digunakan dengan nyaman.
Apabila ada tips lain supaya hp Android tidak mudah lag dan lemot bisa komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top