12 Cara Mengatasi Android Lemot Lag Parah

Smartphone android anda lemot dan lag parah ? mungkin saja ada beberapa faktor yang menyebabkan itu.

12 Cara Mengatasi Android Lemot Lag Parah

Salah satu penyebab android lemot adalah dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau banyak aplikasi yang ukurannya besar sehingga membebani perangkat anda. Ada lagi salah satu masalahnya adalah home screen atau layar utama yang terdapat banyak widget.

Untuk mengatasi masalah masalah yang menyebabkan android lemot , admin akan memberikan beberapa tipsnya yang bisa anda baca di bawah ini.

Cara Mempercepat Android

Aplikasi dan pengaturan default atau semula tidak selalu menjadi yang terbaik dalam menciptakan smartphone android yang tidak lemot. Dengan cara cara di bawah ini mungkin akan berguna untuk meningkatkan kinerja android anda.

1. Bersihkan Home Screen Anda

Jika handphone android anda memiliki RAM yang kecil atau kurang dari 2GB maka hal yang perlu diperhatikan adalah home screen anda. Jika layar utama anda memiliki banyak sekali widget seperti jam,kalender,task, dan lain-lain maka segerala menghapusnya , karena penggunaan widget serta aplikasi lain di layar lainnya.

2. Gunakan Launcher Lain

 Launcher bawaan hp android biasanya dirancang agar kualitas smartphone menjadi lebih baik. Akibatnya dapat memberikan beban yang menyebabkan smartphone android sedikit lag atau berat.

Maka segeralah menggunakan launcher pihak ketiga lain yang dapat di cari di Google Play Store. Carilah launcher yang ringan dan simple agar android berjalan dengan lancar. Biasanya launcher yang ringan berukuran kecil juga.

3. Ganti Browser

Browser website standar atau yang biasa ada diperangkat android adalah Chrome. Browser itu sangatlah berat dan memakan banyak sekali memori penyimpanan & RAM.

Nah untuk itu segeralah ganti browser yang bagus dan tentunya ringan seperti Opera Mini, UC Browser dan lain-lain yang cepat dan ringan serta banyak fitur.

4. Hapus Aplikasi Tidak Berguna

Hapus semua aplikasi yang tidak berguna seperti aplikasi yang sudah tidak anda gunakan beberapa waktu yang lalu. Itu hanya akan memperlambat ponsel android anda. Hapus juga aplikasi Facebook dan aplikasi berat lainnya. Jika Facebook memang anda butuhkan maka gunakanlah aplikasi FB Versi Lite, lakukan pada aplikasi serupa misal Line diganti dengan Line Lite dan lain-lain. Untuk rekomendasi aplikasi ringan bisa anda baca di : Aplikasi Lite Android Ringan Terbaik

5. Hapus Antivirus

Antivirus tidaklah penting bagi pengguna android dan mungkin akan memperlambat kinerjanya , karena selama ini anda hanya hanya menginstall aplikasi melalui Google Play Store dan di Google sendiri tidak akan ada yang namanya malware menyerang handphone anda. Namun jika anda menginstall sebuah aplikasi pihak ketiga jangan hapus antivirusnya, gunakanlah alternatif lain yaitu antivirus versi Lite seperti Max Security Lite.

6. Hentikan Sinkronisasi Otomatis (Auto-Sync)

Aplikasi sosial media, cuaca , kalender, todo list, dan lain-lain diatur oleh cloud atau awan dan membutuhkan sinkronisasi otomatis setiap beberapa waktu, Secara standar dilakukan 15 menit. Dengan aktifitas ini android anda akan melakukan lebih banyak pekerjaan dan menyebabkan lemot.

Periksa auto-sync atau sinkronisasi otomatis anda dan atur jadwal, atau bisa mematikan sinkronisasi otomatis. Akan tetapi agar update anda harus selalu ingat untuk menekan tombol sinkronsisasi.

7. Update Sistem Android Anda

Setiap sistem di android atau tiap merk handphone akan memiliki update sistem. Periksalah update android anda karena dalam update sering kali mengatasi bug atau celah yang berkaitan dengan sistem sebelumnya. Dengan diupdate sistem androidnya maka bug bug akan dihilangkan dan smartphone android menjadi lebih cepat.

8. Restart Android Anda

Kadang kadang terdapat sub sistem aplikasi yang tidak berjalan semestinya di sistem android yang menyebabkan memakan lebih banyak ram karena sub sistem yang error saat pertama kali berjalan. Nah untuk itu restartlah jika rasa android anda lemot dan lag parah untuk memperbaikinya.

9. Mempercepat atau Menghilangkan Animasi

Pada saat membuka salah satu aplikasi di android akan terdapat sebuah animasi pembukaan selama beberapa detik. Ini menyebabkan smartphone android menjadi lama atau lemot, Untuk menghilangkan atau mempercepat animasi harus dilakukan melalui pengaturan android.

Sebelum itu anda harus mengaktifkan dulu menu developer option, ikuti petunjuk mengaktifkan developer options sebelum memulai caranya. Setelah sudah terdapat menu Developer Option, selanjutnya adalah masuk ke Pengaturan>Opsi Pengembang>Animasi dan atur Skala Animasi Window, Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animator menjadi .5x atau dinonaktifkan saja.

10. Coba ROM Lain (Root)

Pada dasarnya ROM yang digunakan android adalah ROM pure android atau ROM dari merk ponsel android tersebut seperti misal smartphone Xiaomi dengan ROM MIUI. Dalam rom bawaan sendiri kadang terasa berat, untuk itu gunakanlah ROM pihak ketiga lain seperti LineageOS.

Untuk mengganti ROM hp android anda harus diroot terlebih dahulu, cari tahu tentang cara root di merk smartphone android anda sendiri di internet.

11. Flash atau Ganti Kernel (Root)

Kernel berfungsi mengelola setiap sistem yang terdapat pada android baik software maupun hardware. Untuk memaksimalkan kecepatan android anda tidak ada salahnya mengganti kernel yang bagus dan terbaik di hp android anda. Cari sendiri kernel mana yang bagus untuk hp anda di internet, dan tentunya anda harus mengaktifkan akses root terlebih dahulu pada ponsel anda.

12. Kontrol Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Untuk mengontrol sebuah aplikasi agar berjalan atau tidak berjalan dilatar belakang salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Greenify.

Aplikasi ini bertugas mematikan dan menghidupkan proses di latar belakang sebuah aplikasi. Matikan beberapa aplikasi agar android anda lebih ringan, dengan mematikan latar belakang proses sebuah aplikasi maka aplikasi akan tidak akan berjalan secara semestinya, misal jika gmail dimatikan maka secara otomatis auto-sync akan mati dan anda tidak menerima pemberitahuan email masuk. Bahkan sampai android di restart akan tetap sama.

Maka dari itu gunakan dengan baik agar kebutuhan anda tidak ikut hilang juga.

Cara Kurang Tepat Mempercepat Android

Itulah 12 cara mengatasi android lemot dan lag parah, untuk cara kurang tepat yang harus anda hindari adalah

1. Menggunakan RAM BOOSTER

Menginstal aplikasi RAM booster tidak akan berpengaruh terhadap kecepatan android, malah makin menambah penggunaan RAM dan menyebabkan lemot. Segera hapus aplikasi tersebut

2. Menutup Aplikasi

Menutup sebuah aplikasi saja tidak akan menambah kecepatan android anda, jika ingin menutupnya pastikan benar benar diberhentikan dengan mematikan latar belakang prosesnya.

3. Menggunakan Speed Booster

Masih menjadi pro kontra apakah aplikasi Speed Booster akan menambah kinerja dari android atau tidak. Tapi menurut saya aplikasi ini hanya akan menambah penggunaan RAM dan penyimpanan memory, saran saya hapus saja aplikasi seperti ini

dan begitulah kira kira cara tepat dan tidak tepat mengatasi Android yang lag parah, semoga menjadi solusi bagi anda. Jika ada tambahan atau pertanyaan dan saran bisa berkomentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top