5 Cara Umum Memperbaiki Google Play Store Error

5 Cara Umum Memperbaiki Google Play Store Error

Saat Google Play Store berhenti secara paksa, terkadang akan muncul sebuah pemberitahuan dengan menggunakan kode error dan anda langsung mencari tahu di internet untuk mengatasi kode error itu, namun itu tidak perlu dilakukan. Sebagian besar masalah Play Store dapat diperbaiki dengan lima cara dasar di bawah ini.

Dasar Memperbaiki Masalah Error Google Play Store

Ada lima metode atau cara yang digunakan untuk memperbaiki google play store yang error. Tidak perlu mencoba semua cara di bawah, namun cukup gunakan cara pertama dan jika tidak berhasil maka gunakan cara yang selanjutnya.

Lima metode dasar memperbaiki Google Play Store:

  1. Hentikan aplikasi dan hapus data dan cache
  2. Ganti koneksi data dengan koneksi Wi-Fi
  3. Uninstall atau copot pembaruan Play Store dan perbarui lagi
  4. Refresh akun Google di perangkat android
  5. Daftarkan perangkat ke akun Google

Nah untuk memperbaikinya gunakan salah satu cara di atas. Namun sebelum mulai kita harus tahu terlebih dahulu penyebab google play store gagal.

Penyebab Google Play Store Error

Salah satu penyebab google play error yaitu karena anda memasang atau mengganti ROM khusus yang tidak sesuai atau support terhadap google. Sebaiknya jika menginstall costum ROM backup atau cadangkan dulu semuanya menggunakan Titanium Backup. Atau penyebab error lainnya biasanya menginstall GApps yang tidak mendukung ROM kamu.

Yang penting jika sering memodifikasi sistem android maka harus menerima resiko ini dan cari tahu penyebab errornya supaya menambah pengalaman. Lanjut ke cara memperbaikinya .

1. Hentikan Aplikasi, Hapus Cache dan Data

Google Play Store berjalan pada latar belakang. Biasanya untuk memperbaiki permasalahan Play Store kita hanya melakukan penghentian aplikasi dan memulainya dari awal lagi agar aplikasi berjalan secara lancar dan tidak error. Jangan lupa setelah itu restart android anda.

Untuk caranya pertama buka Pengaturan. Lalu pilih menu Aplikasi dan cari aplikasi Google Play Services dan Google Play Store.

Hentikan Aplikasi, Hapus Cache dan Data

Di sini pilih Google Play Store dan pilih tombol Force Stop / Paksa Berhenti. Setelah itu pilih menu Penyimpanan / Storage lalu hapus data dan cache dengan memilih tombol Clear Data & Clear Cache.

Jika sudah maka restart android anda, saat membuka Play Store terkadang akan diperintah untuk mengisi email dan password untuk login lagi, maka ingat ingat dulu akun anda.

2. Ganti Data Internet Dengan Wi-Fi

Banyak aplikasi yang tidak dapat diinstall karena menggunakan koneksi internet data yang buruk dan tidak dapat diandalkan.

Untuk itu segera beralih ke jaringan yang lebih baik dengan menggunakan Wi-Fi yang ada di sekitar anda yang memiliki koneksi yang bagus.

Atau mungkin bisa sebaliknya, jika koneksi Wi-Fi buruk maka bisa beralih ke data seluler yang koneksinya lebih baik.

Jika anda pengguna VPN maka segeralah dinonaktifkan karena dapat menyebabkan masalah pengunduhan di Play Store.

3. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Play Store

Pada handphone yang sudah diroot, anda dapat menghapus aplikasi Play Store dan menginstall ulang dari awal. Bahkan di handphone yang tidak diroot pun bisa melakukan cara ini.

Untuk melakukan cara ini, buka Pengaturan > Aplikasi & Pemberitahuan > Lihat Semua Aplikasi. Pilih Google Play Store dari daftar. Setelah itu pilih tombol titik 3 di pojok kanan atas layar lalu pilih Copot Pembaruan atau Uninstall Updates. Cara ini akan mengembalikan aplikasi Play Store ke versi aslinya.

Setelah selesai, anda bisa memperbarui ke versi terbaru Play Store dengan dua cara. Salah satunya dengan membuka aplikasi Play Store dan pilih Pengaturan dan pilih menu Versi Play Store untuk memeriksa pembaruan aplikasi.

atau anda bisa mengambil versi terbaru Google Play Store APK Mirror dan menginstallnya di perangkat handphone anda.

4. Refresh Akun Google Anda

Menyegarkan atau refresh akun google dengan menghapus dan menambahkan kembali di perangkat handphone anda. Penting! Cara ini bisa dapat menghapus data dari perangkat anda yang disinkronkan ke akun Google anda yang dapat mencangkup pesan,foto,kontak, dan lainnya.

Refresh Akun Google Anda / Hapus Akun Google Anda

Pertama buka Pengaturan>Akun. Pilih akun Google yang mengalami masalah. Jika banyak akun maka hapus saja semua dari perangkat. Di sini anda cukup mengetuk tombol titik 3 dipojok kanan atas lalu pilih Hapus Akun atau Remove Account.

Lalu anda dapat menambahkan kembali akun di menu Akun. Jangan lupa direstart perangkat android anda.

5. Install Ulang Perangkat Android Anda

Cara yang terakhir yang dapat digunakan adalah dengan cara menginstall ulang perangkat android anda. Dengan ini anda dapat mengembalikan semua ke pengaturan semula perangkat android yang meminimalisir error.

Install Ulang Perangkat Android Anda

Pilih Pengaturan > Sistem > Opsi Setel Ulang > Reset Ke Setelan Pabrik. Cara ini dapat menghilangkan semua aplikasi file dan foto yang berada pada android anda. Maka sebelum itu anda bisa membackup data anda terlebih dahulu dengan aplikasi seperti Titanium Backup atau dengan menu backup di perangkat anda.

Beberapa Kode Error Google Play Store dan Cara Memperbaikinya

Cara paling sederhana dari kode error seperti Error 498 dan Error 919 cukup dilakukan dengan hapus cache dan data saja, namun jika anda menemukan kode error yang beragam anda bisa membaca cara mengatasi berbagai kode error play store di forum XDA .

Begitulah beberapa cara dasar yang paling umum untuk memperbaiki Google Play Store Error. Jika ada pertanyaan atau yang lainnya bisa berkomentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top