Cara Menghitung Kata Dalam Artikel Blog

Jumlah kata artikel yang biasa ditetapkan ketika membeli atau menyewa jasa menulis artikel biasanya digunakan untuk mematok harga sebuah satu artikel. Misalnya saja ada jasa menulis artikel yang dihargai 5000 rupiah setiap 200 kata dan sebagainya. Nah lalu bagaimana cara penulis menghitung jumlah kata dalam satu artikel blog tersebut? berikut adalah cara untuk mengetahuinya.

mengetik artikel dengan kata kata

Menghitung Kata Dengan Word Count

Untuk menghitung jumlah kata agar tepat sesuai dengan jasa yang ditawarkan biasanya penulis akan membutuhkan bantuan sebuah aplikasi atau website bernama word count yang tersedia di internet, dan salah satunya adalah situs Wordcounter . Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.
  1. Pertama buat sebuah artikel sesuai dengan pesanan menggunakan word atau notepad.
  2. Setelah kira kira kata sudah tercapai segera copy text yang sudah dibuat.
  3. Buka aplikasi atau website wordcounter.io lalu pastekan artikel di sana.
  4. Sekarang kita bisa melihat jumlah kata dan jumlah karakter dari artikel tersebut dan beberapa kata yang berulang pun dapat kita periksa dengan sangat detail.
  5. Fitur lainnya jika anda membuat artikel bahasa inggris maka akan terdapat pengoreksi grammar di dalamnya.
    wordcounter.io adalah web untuk menghitung jumlah kata dalam artikel blog
  6. Selesai.
Nah begitulah cara menghitung jumlah kata yang terdapat dalam sebuah artikel blog, sebenarnya kita juga bisa melakukannya secara offline tanpa mengunjungi situs web atau aplikasi word counter. Untuk menghitung jumlah kata offline anda bisa menggunakan microsoft word dengan menggunakan alat wordcount yang terletak di menu Tools > Word Count.

Baik tidaknya artikel bukan tergantung pada jumlah kata yang banyak atau sedikit, tetapi seberapa bergunanya informasi yang diberikan. Misal jika orang mencari artikel tentang sebuah pengertian atau arti kata “Baper” maka yang mereka butuhkan adalah informasi yang singkat. Dan jika mencari informasi tentang ”  Manfaat Air Putih”maka mereka akan mencari informasi selengkap mungkin dengan artikel yang mengandung banyak kata.
Dan juga jangan terlalu terpengaruh oleh penggunaan jumlah kata yang berulang ulang atau repeat, itu malah akan memperburuk artikel untuk dibaca orang orang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top